4 Langkah untuk Menjadikan Kipas Angin AC Lebih Bersih dan Terawat


Sebagai sebuah perangkat elektronik maka kipas angin AC memang harus selalu dibersihkan. Dengan membersihkan perangkat kipas angin AC maka Anda tidak hanya akan bisa mendapatkan kinerja yang optimal, tapi juga akan bisa membuat Anda terhindari dari munculnya beberapa penyebab penyakit seperti jamur, virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Tapi untuk membersihkan perangkat kipas angin AC ini tidak boleh sembarangan. 

Anda harus memahami apa-apa yang akan dibersihkan dan apa yang harus Anda dirawat. Dan ternyata untuk membuat kipas angin AC lebih bersih dan terawat, tidak hanya bagian perangkat sendiri yang harus dibersihkan, tapi Anda juga harus merawat beberapa bagian di luar perangkatnya. Nah berikut ini adalah beberapa cara da langkah untuk menjadikan kipas angin AC lebih bersih dan terawat.
Kipas Angin AC
1. Bersihkan Bagian Tangki
Pertama, langkah untuk menjadikan kipas angin AC lebih bersih dan terawat adalah dengan membersihkan bagian tangki. Bagian tangki pada kipas angin AC memang menjadi bagian yang paling kotor bila tidak dibersihkan. Ini dikarenakan bagian tangki yang merupakan tempat air dingin, lama kelamaan bila tidak dibersihkan dapat memunculkan lumut dan juga kotoran. Maka dari itu Anda yang ingin mendapati perangkat kipas angin AC yang selalu bersih dan terawat tentu membersihkan bagian tangki akan menjadi hal mutlak untuk dilakukan. Lakukan pembersihan terhadap bagian tangki kipas angin AC ini secara rutin tanpa harus menunggu munculnya lumut dan kotoran muncul.

2. Bersihkan Bagian Filter
Selain tangki, bagian lain dari kipas angin AC yang perlu dibersihkan agar perangkat nampak selalu terawat dan bersih adalah filter. Filter sendiri adalah bagian dari kipas angin AC yang berfungsi untuk menyaring udara agar kemudian menghasilkan udara yang lebih bersih, jernih dan dingin. Tapi seiring pemakaian kipas angin AC yang sudah lama, maka bagian filter ini bisa saja kemudian menjadi kotor. Nah bila bagian filter kipas angin AC ini sudah kotor maka mau tak mau Anda harus membersihkannya. Bersihkan bagian filter kipas angin AC ini dari kotoran dan debu-debu yang menempel. Untuk membersihkan filter kipas angin AC terbilang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri. Maka dari itu sudah seharusnya Anda tidak malas untuk membersihkan bagian ini.

3. Bersihkan Lingkungan Sekitar Kipas Angin AC
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa tidak hanya perangkat kipas angin AC saja yang perlu dibersihkan untuk membuat perangkat lebih terawat. Tapi lingkungan kipas angin AC ini juga harus dirawat dan dibersihkan agar tidak mempengaruhi kebersihan kipas angin AC. Sebab bila lingkungan sekitar kipas angin AC ini kotor maka bukan tidak mungkin perangkat juga ikut menjadi kotor. Ini dikarenakan saat dinyalakan kipas angin AC akan menyedot udara di sekitar untuk diubahnya menjadi lebih dingin. 

Kipas Angin AC
Nah dari sinilah kemudian lingkungan sekitar kipas angin AC juga berpengaruh terhadap kebersihan perangkat pendingin ruangan ini. Jadi bila Anda ingin kipas angin AC terus selalu bersih dan terawat maka Anda harus rutin untuk juga selalu membersihkan lingkungan dari kipas angin AC. Bersihkan dari debu dan segala kotoran yang ada disekitar kipas angin AC agar Anda bisa mendapati perangkat terus terawat dan selalu lebih bersih.

4. Bersihkan Secara Rutin Minimal 3 Minggu Sekali
Terakhir, langkah untuk menjadikan perangkat kipas angin AC ini selalu lebih bersih dan terawat adalah dengan membersihkannya secara rutin minimal 3 minggu sekali. Semua hal di atas sebelumnya memang akan sia-sia bila tidak dijalakan secara rutin. Hanya dengan kerutinan dan kedisiplinan untuk membersihkan hal-hal di atas maka kita memang akan bisa mendapati perangkat kipas angin AC yang selalu lebih bersih dan terawat. Dan waktu yang harus selalu Anda jalankan untuk membersihkan hal-hal yang telah disebutkan di atasa adalah minimal 3 minggu sekali. Kenapa harus minimal tiga minggu? Sebab bila kipas angin AC sudah digunakan terus-menerus selama 3 minggu lebih maka kotorannya bisa jadi akan menjadi semakin banyak. Dan bila kemudian Anda terus membiarkannya maka bisa jadi kotoran tersebut akan sulit dibersihkan suatu hari kelak.

Posting Komentar

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates